Description

Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Harian Kompas dan disponsori oleh Bank Jateng yang diadakan di kompleks Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan tema “Raising Harmony”. Semangat dan antusiasme para pelari yang telah siap menyatukan raga dan rasa dengan kekentalan budaya kawasan Candi Borobudur menjadi energi yang membuat acara ini ditunggu-tunggu oleh berbagai pihak, mulai dari para pelari hingga masyarakat lokal.

Acara yang dibuka dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya, oleh Monita Tahalea telah menarik perhatian 9.672 pelari yang hadir di kawasan Candi Borobudur. Kategori lari dibagi menjadi tiga, yaitu Marathon dengan peserta sebanyak 2.883 dimulai pada Pukul 05.00 WIB, Half Marathon dengan peserta sebanyak 3.888 dimulai pada pukul 05.30 WIB, dan 10K dengan peserta sebanyak 2.901 dimulai pada pukul 06.00 WIB. Para peserta yang berasal dari berbagai penjuru dunia ini disuguhi dengan berbagai atraksi seni budaya dan kuliner khas Magelang. Hal ini menjadi ciri khas dan pembeda Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng dengan acara marathon dunia lainnya.

Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng bukan hanya sekedar perlombaan marathon. Melalui kedua pilar nilai, ​Cultural Immersion dan ​Sport Tourism,​ acara ini menjadi perlombaan marathon yang mengangkat nilai-nilai budaya lokal melalui berbagai rangkaian acara. Contoh bentuk budaya lokal yang diangkat adalah atraksi dan atribut khas Magelang yang dikemas sedemikian rupa dalam ​cheering zone dan ​Homestay​. Atraksi dan atribut budaya lokal tersebut dilakukan secara sukarela oleh masyarakat lokal demi menyukseskan Borobudur Marathon 2019 Powered By Bank Jateng.

Video