Description

Menghormati nenek moyang mereka dan melestarikan tradisi jaman dahulu, kelompok etnis Tionghoa di Bagansiapi-api pada tahun 2019 kembali menggelar Festival Bakar Tongkang 2019 pada tanggal 28 – 30 Juni 2019 di Bagansiapi-api, ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Bakar Tongkang di sini dimaksudkan membakar kapal yang terakhir. Bakar Tongkang adalah tradisi tahunan yang memperingati keputusan penting pendatang Tionghoa pertama yang meninggalkan tanah airnya dengan kapal dan menetap di Riau di pulau Sumatera. Keputusan bersejarah ditandai dengan membakar Kapal (terakhir) tempat mereka berlayar, yang sekarang setiap tahun dirayakan dengan membakar replika kapal tradisional Tiongkok di puncak festival.

Festival Bakar Tongkang merupakan acara tahunan terbesar di Kabupaten Rokan Hilir. Selama festival, ritual dan doa oleh peserta di pura utama diawali, diikuti oleh prosesi budaya, berbagai atraksi oriental yang berbeda seperti Barongsai diadakan, serta panggung hiburan yang disiapkan untuk para pemain yang berasal dari Medan, Singkawang (Kalimantan Barat) serta dari negara tetangga Malaysia, Taiwan, dan Singapura yang membawakan lagu-lagu Hokkien.

×