Description

Serabi merupakan salah satu jajanan tradisional yang pada saat ini sudah mulai jarang dijumpai. Agar menjadi salah satu jajanan kekinian yang disukai oleh generasi muda, Warga Dusun Dadaptulis, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu berusaha mengkreasikan jajanan lawas ini dengan berbagai macam topping.

Serabi dengan aneka topping, mulai coklat, keju, nangka, hingga tumis tempe ini dapat Ngalamers temukan di Festival Serabi Suro 2019 yang digelar hari Kamis-Jumat, 27-28 September 2019. Tempatnya yaitu di Dusun Dadaptulis, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo.

Kegiatan ini rutin tiap tahun diadakan warga setiap hari Kamis Kliwon. Pemilihan hari tersebut karena dipercaya saat itu doa kepada sang leluhur cepat sampai. Sebelum memakan serabi bersama, warga akan mengadakan ritual selamatan serabi suro dan arak-arakan tumpeng serabi suro.

Tidak hanya sekedar makanan, serabi ternyata juga memiliki filosofi. Dilansir dari Malang Times, serabi merupakan singkatan dari saronone rabi, dimana penyajiannya harus satu paket yang melambangkan sepasang laki-laki dan perempuan. Sedangkan juroh dibuat dari santan dan gula merah yang melambangkan dilahirkannya seseorang dari kedua orangtua.

Festival ini juga bakal menghadirkan acara seru lainnya, mulai dari bazar serabi, ritual selamatan serabi suro, pawai tumpeng serabi suro, gending nuswantara, kuda lumping, reyog ponorogo, glendho barong, dan senam kesehatan.