Balai Sarbini

Balai SarbiniClaimed

Description

Balai Sarbini adalah bangunan monumental bersejarah yang idenya datang dari Letnan Genelar (Purn) HM Sarbini. Bapak Sarbini bertanggung jawab atas Departemen Veteran dan Demobilisasi pada tahun 1963.

.
Presiden Soekarno meresmikan proyek pada 6 Januari 1965 dengan meletakkan batu pertama sebagai awal proyek. Delapan tahun kemudian, pada 11 Maret 1973, Presiden Soeharto secara resmi meluncurkan Gedung Veteran Republik Indonesia. Arsitek bangunan itu adalah Ir. Moerdoko.
Pada tahun 2000, setelah fase revitalisasi yang tidak mengubah struktur dan kondisi bangunan, Balai Sarbini muncul dengan “wajah baru”. Bukan hanya bangunan bersejarah yang monumental tetapi juga tempat paling representatif di Jakarta untuk mengadakan kegiatan budaya. Selain itu, juga dapat menghasilkan pendapatan untuk Indonesia.

.
Untuk meningkatkan kinerjanya sebagai pusat kegiatan budaya, pengelola Balai Sarbini mengundang konsultan audio untuk meningkatkan sistem akustik di dalam gedung. Terutama di Aula Utama. Dengan upgrade, saat ini Balai Sarbini dikenal sebagai tempat dengan sistem akustik terbaik di pusat kota Jakarta.

.
Pada tanggal 23 Februari 2004, Presiden Megawati Soekarnoputri menandatangani sebuah plakat untuk memperingati pelantikan Balai Sarbini yang baru. Dari titik waktu ini, kami berharap bahwa Balai Sarbini akan menjadi tempat yang paling disukai bagi seni Indonesia – pecinta dan pemain untuk mengadakan kegiatan mereka.

Balai sarbini dikelola oleh PT Dome Semanggi Indonesia.